Pengetahuan Perajin Batik Kebumen Perlu Ditingkatkan

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Kualitas karya perajin batik di Kebumen diakui sudah sangat membanggangkan. Namun, perlu diakui bahwa wawasan dan pengatahuan tentang
dunia batik masih perlu ditingkatkan, sehingga mendorong semangat dan kualitas karyanya. Saat ini banyak perajin batik yang tidak mengetahui secara pasti sejarah dan karakter batik Kebumen. Padahal, penengetahuan itu sangat dibutuhkan dalam menekuni batik, baik klasik maupun kontemporer. 
Demikian disampaikan Prayogo ahli batik dari Museum Batik Yogyakarta, Kamis (7/3). Menurut dia, pengetahuan itu meliputi, sejarah batik Kebumen yang terdiri atas berbagai bentuk motif, pewarnaan dan karakter. Dari karya yang ada, bisa dilihat bahwa perajin hanya meneruskan kegiatan para pendahulu tanpa diimbangi dengan penghayatan pengetahuannya. "Lama kelamaan, kekhasan batik asli Kebumen hilang," katanya.
Menurut dia, Kebumen memiliki sejarah yang kuat tentang dunia batik. Sayangnya, potensi pengetahuan sejarah itu perlahan menghilang. Bahkan, ada satu potensi batik khas kebumen bernama batik Jawa-Cina yang kini sudah tidak diproduksi lagi. Batik itu dahulu dibuat warga Kecamatan Kutowinangun. "Orang Kebumen harus tahu sejarah
batik dan model batik khas Kebumen agar proses mematenkan batik Kebumen semakin berbobot," katanya. 
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kebumen, Drs H Maskhemi M Pd membenarkan hal tersebut. Menurut dia, perlu adanya buku panduan atau sejenis kitab yang berisi tentang sejarah dan segala sesuatunya tentang batik Kebumen. Harapannya, panduan itu bisa dibaca dan dipahami semua perajin batik di Kebumen.
Share this post :

Posting Komentar

Menu Berita

IKLAN BARIS

  • Proses Update
  • Proses Update
  • PASANG IKLAN BARIS Kirim ke: infokutowinangun@gmail.com Subjek: "IKLAN BARIS" Iklan anda akan tampil selamanya. GRATIS..!

Ikuti Kami

 
Info Seputar Kutowinangun : Tentang | Redaksi | Donatur | Iklan
Copyright © 2013. Info Seputar Kutowinangun - All Rights Reserved
Edited by ISK Team Published by Info Seputar Kutowinangun
Supported by Google